Dieng Jawa Tengah Indonesia

Dieng berada di jantung pulau jawa, dieng adalah kawasan dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah tepatnya berada diantara Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Sejak jaman belanda Dieng menjadi tempat wisata favorit di jawa tengah khususnya Banjarnegara dan Wonosbo, secara Geologi dataran tinggi Dieng adalah dataran dengan aktivitas vulkanik di bawah permukaanya, di tandai adanya gunung-gunung di sekitarnya sebagai tepinya.

WISATA GUNUNG DIENG

Kawah-kawah di dieng memang sampai saat ini masih aktiv, dengan adanya aktivitas vulkonologi di dataran tinggi dieng menjadi tontonan yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi dieng.

Berikut kawah-kawah yang yang aman untuk di kunjungi:

  • Kawah Sikidang.
  • Kawah Sibanteng.
  • Kawah Sileri.
  • Kawah Candradimuka.
  • Kawah Pakuwaja.
  • Kawah Sikendang

Secara Etimologi dieng berasal dari Bahasa Kawi yang di ambil dari dua suku kata yaitu “Di” yang berarti tampat dan “Hyang” yang berarti Dewa,dengan demikian Dieng bererti tempat tinggal para Dewa Dewi, tapi menurut masyarakat lokal dieng dulunya juga di juluki sebagai SARANG GANTUNG atau dalam bahasa jawa berarti tempat yang diatas (Tinggi)

Masyarakat dieng umumnya berprofesi sebagai petani penghasil sayuran seperti kentang, kentang adalah komoditas utama di dataran tinggi dieng. Dieng juga menjadi salah satu penghasil kentang terbesar di Indonesia, tidak cuma kentang yang menjadi komoditas utama masyarakat dieng wortel, kubis, daun bawang dan tanaman khas dataran tinggi dieng seperti carica atau pepaya mini, terong belanda, dan tanaman yang fenomenal yaitu purwaceng, semua itu adalah sayur dan buah yang di hasilkan dari bumi Para Dewa dataran tinggi dieng.