Daftar Candi Hindu Di Dieng

komplek candi hindu candi arjuna dieng

Komplek candi dieng atau yang lebih di kenal dengan nama komplek candi arjuna. adalah komplek candi hindu tertua di jawa. Candi ini terletak di dieng kabupaten banjarnegara berbatasan dengan dieng kabupaten wonosobo, candi beraliran syiwa (siva) ini di bangun pada akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9. Dengan letak ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut (mdpl) anda akan merasakan hawa sejuk khas pegunungan dieng bila berkunjung ke komplek candi arjuna ini. Karya hindu kuno ini memang sederhana karna bangunanya yang rata-rata berdiameter 4 meter persegi, namun masih terlihat cantik di tengah-tengah pegunungan dieng atau dataran tinggi dieng.

Candi ini di bangun atas perintah raja-raja di dinasti sanjaya di kerajaan mataram kuno di jawa, sebagai wujud dharma (kebaktian) kepada para dewa khususnya dewa syiwa atau siva namun di agama hindu ada tiga dewa yang lebih di kenal dengan nama tri murti, yaitu ada tiga dewa Siva, brama dan Wisnu. Di komplek andi arjuna ini ada 5 bangunan candi yaitu: Candi arjuna, candi srikandi, candi puntadewa, candi sembadra dan candi semar. Kebetulan nama-nama candi di dieng di namakan olah masyarakat sekitar di ambil dari cerita atau tokoh-tokoh pewayangan, keberadaan candi di dieng tidak cuma komplek candi arjuna ada juga candi-candi lain seperti candi bima yang letaknya persis di pertigaan jalan menuju kawah sikidang, ada juga candi gatutkaca yang berada persi di bawah museum kailasa, kemudian ada candi setyaki candi ini memang tidak ada kemuncaknya (atap) karna baru di pugar dan yang terahir ada candi dwarawati candi ini terletak menyendiri atau berada jauh di sebelah utara desa dieng kulon.

Candi Arjuna.

Candi ini persis berada di depan candi semar, keunikan candi arjuna ini memiliki saluran lubang air yang di namakan jaladwara fungsi dari pada lubang air ini untuk mengalirkan air suci manakala ritual penyiraman lingga dan yoni di dalam bilik candi.

Candi Srikandi.

Di candi ini ada gambar atau relief tri murti yaitu tiga dewa paling di puja di agama hindu yakni Siva (Siwa), Brahma dan Wisnu.

Candi Puntadewa.

Candi puntadewa berada persis di tengah-tengah candi srikandi dan candi sembadra, bangunan candi ini di lihat dari segi arsitekturnya menunjukan seni bangunan lokal namun megah di antara candi-candi lain di komplek candi arjuna, relungnya yang menonjol dan bangunanya yang tinggi adalah ciri khas dari candi ini.

Candi Sembadra.

candi ini berada paling selatan di antara candi-candi lain di komplek candi arjuna, bangunanya yang sederhana dan relungnya yang menonjol keluar menjadi ciri khas candi sembadra.

Candi Bima.

Bangunan megah ini barada jauh dari komplek candi arjuna, bangunanya yang memiliki arca kudu ini di sebut sebut oleh para ahli arkeologi sudah bercampur dengan bangunan khas candi budha.

Candi gatutkaca.

candi ini dulunya adalah komplek candi gatutkaca ada 6 candi di sini tapi sekarang hanya 2 yang tersisa yakni candi gatutkaca dan setyaki.

Candi Dwarawati.

candi yang letaknya jauh di antara candi-candi lain ini, berada menyendiri jauh di sebelah utara desa dieng kulon.