Jelajah Telaga Warna dan Telaga Pengilon Dieng Jawa Tengah

telaga warna dieng

Taman wisata alam telaga Warna, telaga pengilon Dieng adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Di taman wisata alam ini ada dua danau dalam satu cekungan yakni telaga warna dan telaga pengilon, wisata yang di kelola oleh balai konservasi sumber daya alam atau BKSDA ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang berkunjung ke dataran tinggi dieng. Belum lengkap rasanya kalau anda yang berkunjung ke dieng belum ke tempat ini, Di tempat ini anda akan di suguhkan dengan pemandangan rimbun pepohonan dan juga udara sejuk khas pegunungan dataran tinggi dieng.

Di antara telaga warna dan telaga pengilon tersimpan tempat yang di sakralkan oleh masyarakat dieng dimana terdapat goa-goa alam yang di namakan taman pertapaan mandalasari, yang sampai saat ini masih aktif untuk meditasi atau bertapa. adapun nama-nama goa di taman wisata ini adalah sebagai berikut:

Goa Semar.

Goa Semar ini seringkali dijuluki sebagai goa sang pamomong. Disebut demikian bukanlah tanpa alasan. Goa ini memang sering dijadikan sebagai tempat bersemedi oleh beberapa tokoh penting seperti Soekarno dan Soeharto

Goa Sumur.

Di goa ini terdapat mata air suci yang di sebut tirta prawitasari. mata air ini untuk bersuci sebelum meditasi di goa semar.

Goa Jaran.

Keberadaan goa ini memiliki fungsi yang sama seperti goa semar yaitu untuk bermeditasi atau bertapa namun berbeda tujuanya.

Nama Telaga Warna sendiri diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah. Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga nampak berwarna warni.
Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar telaga warna. Keindahan telaga warna akan lebih terasa jika pengunjung naik ke salah satu bukit yang mengelilingi telaga ini.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi telaga warna adalah saat pagi atau siang hari, karena pada sore hari, kabut tebal akan menutupi daerah sekitar telaga warna, sehingga pengunjung tidak dapat menikmati keindahan alamnya.

Baca juga ulasan obyek wisata Dieng lainnya di sini